0

Virtualisasi; tingkatkan efisiensi perusahaan

Assalamualaikum, wr. Wb

server-virtualization1Virtualisasi; tingkatkan efisiensi perusahaan – Secara konsep, virtualisasi dapat diartikan sebagai upaya untuk menciptakan mesin virtual yang dapat melakukan pekerjaan layaknya mesin real. Saat ini sudah mulai banyak software yang dapat mendukung pengembangan sistem virtualisasi, baik virtualisasi desktop (VDI), virtualisasi server maupun virtualisasi aplikasi. beberapa yang populer adalah : vmware, proxmox, virtual box, qemu.

Meningkatkan efisiensi.  berikut beberapa reasioning mengapa virtualisasi dapat meningkatkan efisiensi:

  • Efisiensi investasi hardware: Bayangkan jika perusahaan mempunyai minimal 10 service yang harus dikelola oleh komputer server. Jika mereka tidak menggunakan virtualisasi, maka mereka harus memiliki 10 server tersebut, sehingga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sangat berbeda jika perusahaan menggunakan server virtualisasi. 10 service yang harus disediakan, dapat dikerjakan hanya menggunakan 1 server fisik saja. selain efisien dalam perbelanjaan, virtualisasi juga dapat meningkatkan efisiensi energi listrik.
  • Efisiensi sistem pendingin: Virtualisasi juga dapat menekan penggunaaan energi listrik untuk pendinginan (AC), karena panas yang dikeluarkan oleh server virtual tidak sebesar dengan server real.
  • Efisiensi space: virtualisasi hanya membutuhkan space yang sedikit dibanding dengan server tanpa virtualisasi.
  • Efisiensi pengelolaan: penanganan server virtual relatif lebih mudah, sehingga biaya untuk pengelolaan server akan sangat dapat ditekan.

Trend BYOD

virtualizationPara karyawan sekarang merasa lebih nyaman ketika bekerja dengan peralatannya sendiri baik di kantor maupun dari rumah. gaya lembur dari karyawan sekarang pun tidak melulu bermalam di kantor, tetapi dapat dilakukan dimana saja. BYOD (Bring Your Own Device) adalah istilah yang menggambarkan para pekerja sekarang menggunakan peralatan milik sendiri untuk melakukan pekerjaan kantornya.

Dengan adanya virtualisasi dan dipadukan dengan cloud computing, maka peralatan laptop maupun smartphone kita dapat menyelesaikan pekerjaan dimanapun berada.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *