0

Teknologi Zigbee dan pemanfaatannya

Pernah menggunakan Bluzigbeeetooth di HP anda untuk berkomunikasi dengan HP lain?Nah Zigbee itu sodaranya Bluetooth, yang mempunyai fungsi sama, yaitu untuk komunikasi data.  Zigbee menggunakan protokol IEEE 802.15.4, satu keluarga dengan Bluetooth yang menggunakan IEEE 802.15.1. Untuk IEEE 802.15.0.3 digunakan oleh UWB.

Namun pertanyaannya kenapa Zigbee tidak begitu familiar di telinga kita? faktor yang paling berpengaruh adalah pada sisi kecepatan transfernya. Zigbee hanya memiliki kecepatan transfer 250 kbps, sedangkan bluetooth maksimal 3 Mbps. Dengan kecepatan rendah seperti itu, Zigbee tidak cocok untuk mengirim data berwujud suara ataupun foto yang membutuhkan transfer cepat, sedangkan data yang biasa kita komunikasikan di WPAN atau HP kita adalah data video, audio data ataupun image..he

Yang menarik, mengapa Zigbee di klaim akan menjadi teknologi yang akan digunakan di masa depan atau teknologi smartgrid dibanding Bluetooth?

Pada teknologi jaringan komunikasi data masa depan, yang makin dominan dengan sistem otomasi, makin banyak penggunaan sensor pada tiap peralatan, model komunikasi datanya bukan hanya manusia dengan mesin tetapi juga mesin dengan mesin, maka zigbee akan lebih di banyak digunakan dibanding dengan bluetooth. Berikut beberapa kelebihan zigbee dibanding dengan bluetooth:

  1. ZigBee dapat melakukan komunikasi dengan 65000 node dalam waktu yang bersamaan dengan metode komunikasi multihop ad-hoc tanpa harus melakukan pengaturan apa pun padanya, hal yang tidak dipunyai bluetooth
  2. Jenis komunikasi dengan topologi star maupun tree dapat dilakukan sesama ZigBee tanpa memerlukan base station atau access point, sehingga dapat melakukan komunikasi secara acak (mesh network).
  3. Zigbee hanya membutuhkan 30ms untuk inisialisasi, sedangkan bluetooth butuh puluhan detik. otomatis respon koneksi zigbee jauh lebih baik.

Pemanfaatan Zigbee

Zigbee lebih banyak  dimanfaatkan di industri, antara lain sebagai sistem kontrol pencahayaan cerdas pada industri film, kontrol temperatur , kontrol keamanan, kontrol konsumsi energi. Zigbee akan semakin digunakan pada tekbolgi smartgrid, teknologi smarthome, dll.

Jadi, mempelajari zigbee akan sangat berguna dalam pengembangan jaringan komunikasi data masa depan.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *