4

Teknologi Komunikasi 4G

4g agung suprapto Teknologi Komunikasi Generasi Ke 4 atau sering disebut teknologi 4G adalah lanjutan dari teknologi 3G. Teknologi ini menawarkan segudang layanan yang canggih. ITU (International Telecomunnication Union), sebuah organisasi yang mengurusi tentang standar jaringan nirkabel sudah mewanti-wanti agar layanan-layanan komunikasi data berupa multimedia harus segera direalisasikan. seperti yang kita tau, kebutuhan kita dalam berkomunikasi data dewasa ini sudah bukan suara saja, namun juga multimedia (teks, audio, video, animasi, image, dll). bukan hanya stand bye saja, namun sudah mobile. Maka dari itu Teknologi 4G mempunyai kemampuan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi dan kecepatan transfer yang sangat tinggi.

Teknologi Komunikasi dewasa ini memang tertantang untuk terus mengembangkan diri agar dapat memenuhi kebutuhan komunikasi data dewasa ini. Di bawah ini kelebihan dari 4 G:

Standar Teknologi 4 G

Paling tidak ada dua standar teknologi 4 G, yaitu LTE (Long Term Evolution), yaitu sebuah standar komunikasi data wireless tingkat tinggi yang berbasiskan pada jaringan GSM/EDGE. yang kedua adalah WIMAX.

4 G di Indonesia

Teknologi ini di Indonesia masih belum di nikmati sepenuhnya. Terdapat beberapa kendala yang ada, seperti ketidaksiapan dari hardware yang ada untuk mentransformasikan dari GSM ke LTE, namun Vendor Telekomunikasi seperti XL , Telkomsel dan Indosat sudah beberapa kali melakukan ujicoba jaringan generasi ke empat ini.

Kecepatan Transfer

Teknologi 4G mempunyai kecepatan transfer data mencapai 100 Mbps dalam kondisi bergerak. artinya kita bisa berkomunikasi dengan kecepatan itu walaupun berada di dalam kereta atau kendaran yang bergerak. Bagaimana kalau kita diam di suatu tempat? pasti kecepatannya jauh lebih cepat. Frekwensi yang digunakan adalah 900 MHz

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *