0

Smart Grid; Cara Penuhi Energi Listrik di Indonesia

smart grid, implementasi smart grid

Smart Grid; Cara Penuhi Energi Listrik di Indonesia

Masalah Ketenagaan Listrik, dimanapun berada menjadi hal yang sangat penting. Listrik adalah sumber power yang dapat dimanfaatkan untuk apa sajadan siapa saja, baik yang berskala besar maupun berskala kecil. Maka dari itu ketersediaan listrik yang cukup dan tanpa masalah, merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Listrik Konvensional

Teknologi listrik konvensional telah mendampingi aktifitas kita dalam beberapa puluh tahun ini. Karena semakin banyak orang yang memanfaatkan listrik, dan tidak diimbangi dengan ketersediaan listrik yang cukup, lambat laun menjadi masalah yang pelik dan menghambat produktifitas masyarakat. selain itu, tidak adanya peremajaan alat-alat pembangkit yang sudah mulai usang, sehingga sering terjadi kerusakan dan pemadaman bergilir. akan semakin kisruh lagi, karena biaya listrik semakin mahal. Dari sini, kita dapat menilai, di era yang semakin besar tuntutan kebutuhan energi dewasa ini, tidak mungkin lagi kita mengandalkan sistem ketenagaan listrik konvensional. Negara yang mempunyai otoritas dalam mengatur, mengendalikan sumber energi, harus melakuan upgrading teknologi listrik.

Teknologi Smart Grid

Pada beberapa tahun terakhir, muncul sebuah teknologi baru, yang menawarkan cara baru dalam mengontrol, manajemen, produksi energi listrik. Teknologi tersebut dinamakan Teknologi Smart Grid. Smart Grid adalah sebuah teknologi listrik yang memanfaatkan kecanggihan komputer. Teknologi ini diharapkan dapat menghilangkan kelemahan-kelemahan yang ada pada jaringan listrik konvensional.  Teknologi Smart Grid adalah konsep teknologi jaringan listrik yang cerdas.

Implementasi Smart Grid

Proyek Telegestore merupakan jaringan listrik pertama yang menggunakan smart meter pada 27 juta pelanggannya,  yang dihubungkan menggunakan teknologi komunikasi bandwidth rendah Power Line Communication.

Proyek Telegestore berada di Italia yang dimulai pada tahun 2005. Telegestore diklaim sebagai teknologi Smart Grid pertama di dunia yang melayani skala perumahan. Teknologi Smart Grid ini sangat berpotensi besar untuk penghematan energi yang luar biasa. Sebuah revolusi teknologi jaringan Listrik dunia.

Smart Grid Di Indonesia

Indonesia adalah salah satu Negara yang mempunyai kebutuhan tenaga listrik yang sangat besar. Bisa kita perhitungkan dari banyaknya industri, rumah, jumlah penduduk terbesar di dunia, dan juga wilayah yang sangat luas. PLN, sebagai perusahaan plat merah yang mempunyai kewajiban  mengelola sumber daya listrik di Indonesia, mempunyai peranan strategis untuk dapat memulai rintisan penggunaan teknologi Smart Grid di Indonesia. Sudah ada beberapa tempat percontohan Smart Grid. Salah satunya, Sumbawa Barat. Sebuah progress dan wujud kepedulian negara terhadap pentingnya implementasi teknologi Smart Grid di Indonesia.

 

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *