0

Persiapan Raih Sertifikasi Mikrotik MTCINE

1612INE066Persiapan Raih┬áSertifikasi Mikrotik MTCINE – MTCINE (Mikrotik Certified Inter-Networking Engineering) adalah salah satu jenjang sertifikasi advance di mikrotik, yang mengkhususkan diri untuk membahas tentang teknik routing tingkat lanjut dan protocol EGP seperti BGP, MPLS/VPLS/TE. Maka dari itu untuk dapat mengikuti Training dan exam MTCINE syarat yang harus dipenuhi adalah setiap peserta harus telah memegang sertifikat MTCNA dan MTCRE. Bab di MTCINE hanya di bagi menjadi 3 bab saja, yaitu:

BGP (Border Gateway Protocol)

pada bab BGP, akan dibahas tentang Autonomous System (AS, BGP sebagai satu-satunya EGP yang digunakan saat ini, algoritma Path Vector, Tipe Paket dan transport dari BGP. Materi ini harus dilandasi teori dan praktek yang kuat di routing statis maupun dinamis, seperti OSPF.

MPLS (Multi Protocol Label Switching)

Pada bab MPLS, akan disajikan materi yang sangat menarik bagi kalian yang bekerja di bidang ISP. bab ini akan dimulai dengan membahas tentang Teori MPLS, Pelabelan Static, LDP, VPLS, L2MTU, BGP Based VPLS, VRF, L3VPN, dan OSPF sebagai CE-PE Protocol. Dengan Belajar MPLS maka kita akan dapat mengetahui bagaimana teknik komunikasi antar ISP.

Traffic Engineering

Pada bab Traffic Engineering, akan mengulas tentang pengertian traffic engineering dan bagaimana cara kerjanya, RSVP, Alokasi Bandwidth, pembatasan Bandwidth, dll. Traffic Engineering akan sangat membantu kita dalam menyelesaikan masalah penanangan Bandwidth dan kebutuhan User baik skala kecil maupun skala besar.

Dengan sedikit menguasai overview dari bab-bab di atas, akan sangat membantu nantinya dalam mengikuti materi training sesungguhnya. Teori dari tiap materi MTCINE sangat banyak, selain itu kita juga harus selalu ingat dengan teori dan implementasi dari MTCNA dan MTCRE yang sebelumnya wajib kita lalui.

Persiapan Join Training

Jika kawan-kawan ingin mengikuti training dan exam MTCINE, maka carilah tempat belajar yang baik. Baik di sini diukur dari siapa yang akan menjadi trainiernya, fasilitas device yang digunakan, dan mempunyai buku ajar atau modul yang baik. Model Training yang ditawarkan lembaga training ada yang menggunakan gaya bootcamp, ada juga yang biasa. Hal ini tergantung dari kebutuhan kawan-kawan. Untuk lembaga atau tempat training yang recomended (dari kualitas dan harga) ada beberapa, antara lain: ID-Networkers, Kakek Guru Ziad Sobri, dan Kakek Guru Supono Mikrotiker.

Selain tempat belajar, dan beberapa pertimbangan di atas, saran saya sebulan atau dua bulan sebelumnya, kawan-kawan harus membiasakan diri untuk melakukan konfigurasi routing, traffic engineering, dll dengan menggunakan software GNS3. Dasar teori dan praktek adalah di MTCNA dan MTCRE..Ngelab and ngelab.. oya, biasakan untuk membuka wiki.mikrotik.com juga.

Demikian sekilat artikel tentang Persiapan raih sertifikasi Mikrotik MTCINE, semoga dapat bermanfaat bagi kawan-kawan yang ingin mendapatkan sertifikasi tertinggi di Mikrotik ini.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *