0

Pengantar Sistem Operasi

Sistem operasi adalah seperangkat program yang menjadi induk dan yang memantau sekaligus mengatur pemakaian sumber daya dan komputer, seperti prosesor, main memory, file, I/O device, dll. Sistem operasi juga berfungsi sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Jika dianalogikan, sistem operasi merupakan ruh, sedangkan badannya adalah komputer itu sendiri.

Sistem operasi digunakan dalam mengeksekusi program dan membantu menyediakan lingkungan bagi program yang mudah untuk berinteraksi dengan sistem resource.

operating-system

Tujuan sistem operasi

Tujuan dari Sistem operasi dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

  • Convenience: dengan adanya sistem operasi, user dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengoperasikan atau menggunakan komputer.
  • Efficiency: denga adanya sistem operasi, resouce dari sistem dapat diutilisasi semaksimal mungkin
  • Robustness: Sistem operasi meningkatkan kehandalan dalam memproteksi kesalahan yang dilakukan oleh user.
  • Evolution: Adanya sistem operasi, proses pengembangan akan menjadi lebih mudah. Mendukung sistem operasi baru dan program aplikasi yang berkembang

Layanan sistem operasi

Dilihat dari jenis layanan, sistem operasi harus dapat melayani berbagai kebutuhan, seperti: menyediakan user interface (antarmuka pengguna), menyediakan program execution, menyediakan operasi Input dan output, melayani manipulasi file sistem, menyediakan sistem komunikasi jaringan, mampu melakukan deteksi kesalahan (error), mampu melakukan resource sharing, menyediakan fasilitas sistem accounting, dan sistem operasi juga harus mampu menyediakan fasilitas security.

Jenis Platform sistem operasi

Penggunaan sistem operasi dapat pula dibedakan berdasarkan platformnya. Seperti contoh: Mikrokomputer menggunakan sistem operasi Unix, Windows, dan Linux. Komputer Mainframe menggunakan sistem operasi unix. Superkomputer menggunakan sistem operasi Unix dan IRIX. Kompute workstation atau Server menggunakan sistem operasi Linux dan Windows. Untuk keperluan Networking biasa menggunakan sistem operasi Linux, netware, dan Windows. Perangkat seperti PDA menggunakan sistem operasi Blackberry, Linux, Palm, dan Windows Mobile. Untuk perangkat Smartphone biasa menggunakan Symbian, Linux, Windows Mobile, Android, dan RIM.

Sistem operasi bagian penting Komponen Sistem Komputer

Komponen sistem komputer terdiri dari 4 hal, yaitu perangkat keras, sistem operasi, program aplikasi dan user.

sistem operasi

Gambar di atas kedudukan dari keempat komponen sistem komputer, dan kita dapat melihat posisi dari sistem operasi. Sistem operasi berada diantara hardware komputer dengan sistem dan program aplikasi yang terinstal di sistem operasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa tanpa adanya sistem operasi, maka hardware komputer tidak akan dapat berfungsi, dan juga program dan aplikasi pun tidak mempunyai tempat.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *