0

Pengantar Elektronika dan Istrumenstasi

Elektronika dan instrumentasi adalah cabang ilmu /rekayasa yang menggabungkan pengetahuan elektronika dan instrumentasi yang diperlukan dalam suatu industri. Contoh implementasi elektronika yang digunakan di dunia industri:

  • Industri Kimia: reaksi kimia harus diukur dan dikendalikan baik suhu, volume bahan campuran, tekanan, derajat keasaman, dll.
  • Industri baja: suhu yang tinggi harus diukur secara tepat dengan menggunakan alat pengukur elektronika untuk bisa mengendalikan pengepresan logam ketebalan yang diinginkan.

instrument-engeering

Instrumen, apa itu?

Instrumen dapat didefinisikan sebagai suati piranti untuk menentukan nilai atau magnitude besaran atau peubah. Instrumentasi adalah usaha yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai suatu tujuan. Untuk melaksanakan. Nah, untuk melakukan usaha itu dibutuhkan instrumen. Alat ini berperan sebagai ekstensi kemampuan manusia dalam menentukan nilai besaran yang tidak diketahui. Sedangkan tujuan manusia menentukan nilai atau magnitude besaran adalah sebagai berikut:

  1. Memonitor proses dan operasi
  2. Mengendalikan proses dan operasi
  3. Menganilsa proses dan operasi

Contoh penerapan teknik instrumentasi

Penerapan teknik instrumentasi dapat dicontohkan diperusahaan pengelohan minyak mentah. Unsur-unsur yang terkandung di dalam minyak mentah memiliki titik didih (boiling point) yang berbeda-beda, sehingga dengan memanaskan minyak tersebut sampai pada temperatur tertentu, unsur-unsur tersebut akan menguap, dan kemudia ditangkap untuk kemudian didinginkan (kondensasi) kembali, sehingga nantinya kita dapat memisahkan/ mengekstraksi unsur tersebut dari minyak mentah. Dengan cara seperti inilah kita akan mendapatkan bensin, solar, minyak tanah, dan lainnya.

Jadi instrumen disini tidak hanya terbatas pada alat ukur, namun juga sebagai alat atur , sehingga dalam mempelajari teknik instrumentasi akan lebih ditekankan pada pengaturan/pengendalian (zaman otamasi).

Ruang Lingkup Instrumentasi

instrumentasi engineering ini adalah cabang khusus dari teknik elektrical dan elektronik yang fokus pada pengukuran (measurement), control, dan proses otomasi. Pemahaman konsep dan penggunaan software dan hardware sangat dibutuhkan, seperti pemahaman mikroprosesor dan mikrokontroller yang berbasis instrumentasi, VLSI dan desain sistem tertanam (embedded system design), arsitektur dan organisasi komputer, dan proses kontrol komputer. Bahasa pemrograman yang biasa dipakai adalah C dan C++.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *