0

Mengenal Teknologi Augmented Reality

agungsuprapto-ARTeknologi Augmented Reality atau disingkat AR ini sekarang menjadi semakin populer di berbagai bidang (militer, kesehatan, dan industri). Teknologi ini menyajikan informasi yang berbeda dan menarik sekaligus interaktif. Pada artikel ini, penulis akan menjabarkan tentang pengetahuan dasar tentang Augmented Reality.

Augmented Reality jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Realitas Tertambah. namun Pengertian lengkapnya Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda dalam dunia maya baik itu dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan atau dunia nyata. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia maya tidak dapat diterima oleh indra kita (penglihatan, pendengaran, penciuman) sacara langsung, maka penerapan Augmented reality membutuhkan perangkat tambahan (Smartphone, tablet, TV, dll).

Sering kita lihat di pertandingan sepakbola eropa yang kita tonton di televisi, kita sering melihat informasi papan yang ada di pinggir lapangan yang selalu berganti secara dinamsi dan menarik. ketika akan memulai pertandingan, ditengah lapangan terdapat bendera atau logo dari liga. Hal ini sebenernya di dunia nyata tidak ada (menontonnya secara langsung), namun ketika kita menonton dari televisi, kita bisa mendapatkan tampilan tersebut. inilah yang dimaksud dengan dunia nyata yang ditambahkan dengan dunia maya dengan bantuan perangkat.  Di dunia Film, teknologi Augmented reality sudah mulai di gunakan, contoh, film yang aktornya bintang bola basket  Michael Jordan dengan para kartun.

Perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang, smartphone menjadi pilihan alat yang paling fleksible untuk digunakan. Dengan menggunakan Augmented Reality, ketika obyek nyata dilihat dengan menggunakan smartphone, maka obyek akan terlihat informasi tambahan dari obyek nyata tersebut dari layar, tetapi jika dilihat secara langsung akan tidak terlihat informasi tersebut. berikut beberapa penggunaan Augmented Reality:

Demikianlah pengertian sederhana dari Augmented Realty, semoga bermanfaat. lain waktu kita akan bahas lebih detail lagi.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *