0

Mengenal Virtualization Software Define Data Center ( SDDC )

Mengenal Virtualization Software Define Data Center – Setiap tahun kita selalu diperkenalkan istilah-istilah baru untuk mendeskripsikan inovasi teknologi dan tren industri terkini. Istilah yang makin akrab ditelinga kita adalah Software define. Teknologi Virtualisasi memang memberikan banyak keuntungan, seperti di ulas di artikel Virtualisasi; tingkatkan efisiensi perusahaan. Nah kali ini kita akan mencoba mengenal salah satu inovasi teknologi, khususnya data center, yaitu SDDC. Pada artikel Mengenal Software Define Data Center ini

SDDC, virtualization, software defined

SDDC (Software Define Data Center) atau juga dikenal disebut dengan VDC (Virtual Data Center) adalah teknologi data center yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi infrastruktur perangkat keras ke dalam mesin-mesin virtual, sehingga penyedia layanan (service provider) dapat menyediakan layanan jaringan dan komputasi kepada client-client yang berbeda. Infrastruktur perangkat keras (hardware) yang dapat dimasukkan ke dalam mesing-mesin virtual di sini yaitu: Networking, storage, CPU, dan Security. Proses penyediaan, penyeberan, pengoperasian dari seluruh infrastruktur hardware tersebut diimplementasikan melalui perangkat lunak (software). SDDC sangat membantu perusahaan untuk dapat menekan investasi infrastruktur, SDM dan energi. Kemudahan pengoperasian yang tidak harus membutuhkan SDM ahli di bidang networking, storage, maupun security menjadi salah satu keuntungan dari penerapan SDDC ini.

SDDC: Network Virtualization

adalah metode menggabungkan sumber daya yang tersedia dalam jaringan dengan memisahkan up bandwidth yang tersedia dalam saluran, yang masing-masing independen dari yang lain, dan masing-masing dapat ditugaskan (atau dipindahkan) ke server tertentu atau perangkat secara real waktu.

SDDC: Storage Virtualization

adalah metode penyatuan penyimpanan fisik dari perangkat penyimpanan jaringan beberapa ke dalam satu storage device yang dikelola secara terpusat.

SDDC: Server Virtualization

Adalah metode penyatuan sumber daya server (jumlah dan identitas fisik server, prosesor, dan sistem operasi) dari server pengguna. Tujuan dari virtualisasi server ini untuk meningkatkan sharing sumber daya kinerja dan pemanfaatannya. Virtualisasi server mampu meningkatkan efisiensi energi. Virtualisasi server juga dapat dijadikan sebagai cadangan data.

Demikianlah artikel tentang dasar pengetahuan Software Define Data Center. Semoga bermanfaat bagi yang masih baru di dunia server dan virtualisasi.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *