0

Perpasive Computing; Pengganti Desktop Environment

pervasive computing

Perpasive Computing; Pengganti Desktop Environment

Perkembangan teknologi komputer dalam rangka mempermudah kehidupan manusia memang tak dapat dicegah. Semakin hari teknologi komputer semakin canggih dalam melayani kebutuhan manusia. Dari sini, hubungan antara manusia dengan komputer seperti tidak dapat dipisahkan lagi, inilah yang mendasari istilah baru di dunia komputer, yaitu perpasive computing.

Menggunakan komputer seperti halnya menggunakan Baju, atau hal yang melekat di tubuh kita tanpa kita sadari terus menerus bahwa kita menggunakan fungsi itu.

Komputasi Pervasive bukan teknologi Baru

Komputasi Pervasif sebetulnya bukanlah sebuah teknologi baru. ini hanyalah istilah yang menggambarkan hubungan manusia dengan komputer seperti terurai di atas. Istilah pervasive computing diperkenalkan pertama kali oleh kakek Max Weiser pada tahun 1988.

Perpasive itu bisa diartikan sebagi ‘dimana-mana”. artinya, manusia ketika ingin menggunakan teknologi komputer, tidak lagi harus mencari posisi dari komputer tersebut, tetapi komputer itu sudah ada, dimanapun kita berada. Kita tinggal memulai untuk berinteraksi dengan cara yang alami, seperti dengan suara, sentuhan, penglihatan, suhu, dan lainnya.

Gambaran Pemanfaatan Teknologi Pervasive

Sebagai gambaran untuk mempermudah pemahaman tentang teknologi pervasive, di bawah ini ada beberapa contohnya “ketika sedang memasuki rumah, maka lampu akan otomatis menyala sendiri, dan AC akan menyala dengan suhu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kita, tanpa kita repot-repot mencari saklar maupun remot AC”. ini hanya contoh sederhana, masoh banyak lagi konsep pemanfaatan teknologi pervasive computing.. search aja 🙂

Menggantikan Desktop Computing

ketika menggunakan komputer berbasis desktop, kita dipaksanuntuk mendekati komputer tersebut, jika ingin melakukan komputasi tertentu. berbeda dengan komputasi pervasive, komputer serasa sudah melekat ke diri kita. Kita tinggal memberi perintah tertentu, mereka bisa langsung melakukan komputasi.

contoh sederhana, dulu ketika kita ingin mengetik, maka kita harus pergi ke rental pengetikan. menyewa komputer tersebut dan menggunakannya. Setelah itu kita Print ketikannya dengan cara memasangkan kabel ke printer tersebut. Sekarang, ketika ingin mengetik, kita bisa menggunakan peralatan seperti Smartphone yang sudah dilengkapi dengan software untuk mengetik, dan kita juga bisa langsung print ketika tersedia print wireless.

Komputasi Pervasive bergantung pada konvergensi teknologi nirkabel, elektronik canggih dan internet. Tujuan dari peneliti yang bekerja di komputasi adalah untuk menciptakan produk cerdas yang berkomunikasi secara diam-diam. Produk yang terhubung ke Internet dan data yang mereka hasilkan mudah tersedia

 

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *