0

Mengenal Mobile Ad Hoc Network (MANET)

Pernah dengar atau membaca tentang istilah ad hoc? pasti kawan-kawan sering bertemu dengan istilah itu. Mengenal Mobile Ad Hoc Network (MANET). Adhoc sendiri sebetulnya salah satu mode jaringan wireless yang menghubungkan 2 pc atau lebih dengan memanfaatkan wireless adaptor . Mode jaringan wireless lain, yaitu mode infrastruktur.

Dengan menggunakan mode adhoc, setiap komputer dapat saling berkomunikasi data secara wireless tanpa bantuan peralatan tambahan. ini sangat memberikan keuntungan ketika ingin melakukan koneksi dengan kolega secara cepat. mode adhoc bisa langsung dibangun di mana saja sesuai keinginan.

Namun mode Adhoc mempunyai beberapa kelemahan mendasar. jika semakin banyak anggota (node) dalam jaringan, maka kualitas data akan semakin rendah, sebab setiap wireless adaptor dari tiap komputer harus menangani banyak koneksi dalam satu waktu. Model Adhoc seperti topologi Mesh. Selain itu di sisi keamanan, menjadi sangat rentan, sebab sangat mudah di sadap.

Apa itu Manet?

Manet tidak jauh berbeda dengan adhoc, baik secara konsep maupun implementasi. Perbedaannya hanya pada sisi perangkat yang digunakan (mobile Platform). Manet adalah kumpulan dari beberapa wireless mobile node yang dapat disetel dimana saja dan kapan saja, tanpa harus menambah infrastruktur seperti wireless router, atau wireless access point.

Di zaman smartphone sekarang ini, manet bisa jadi hal yang sangat membantu proses pertukaran data antar node. Misal, jika kita ingin melakukan komunikasi data dengan 10 orang yang berada di daerah terbuka, jauh dari jaringan internet, maka Manet menjadi solusi terbaik. Sebab kita tidak harus mengandalkan jaringan internet sebagai pusat penghubungnya. Setiap mobile node akan dapat berkoneksi secara langsung.

Protokol yang digunakan Manet

Permasalahan Manet yang paling menjadi perhatian adalah bagaimana setiap node men deploy konektifitas. Terdapat standar protocol yang dapat digunakan dalam rangka melakukan konektifitas antar node tersebut. Manet membutuhkan protocol, seperti halnya jaringan komputer pada umumnya. Beberapa kelompok protocol Manet adalah: Proactive Routing, Reactive Routing, Flow Oriented Routing, dan Hybrid Routing. Setiap kelompok protocol tadi mempunyai protocol-protocol turunannya.

 

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *