0

Mengenal Jurusan TKJ

tkjJurusan TKJ (teknik Komputer dan Jaringan)merupakan salah satu jurusan favorit sekarang ini di rumpun TIK yang ada di sekolah kejuruan SMK). Asal mula pembuatan jurusan ini adalah berdasarkan atas kebutuhan SDM untuk IT Technical Support di instansi perusahaan.  Pada tahun 2000 inisiasi program SMK TI 1 tahun muncul, Inisiator program ini adalah Dikmenjur, APJII, dan Team IPB. Mereka mengadakan kegiatan terlebih dahulu yaitu: Pelatihan nasional tahun 2000 di PPPG Cimahi, dan Ujian Sertifikasi APJII-ITB.  Selanjutnya program SMK TI 1 tahun tersebut dimodifikasi menjadi program resmi SMK 3 tahun.

Adapun Visi dari jurusan TKJ ini adalah:

  1. Hardware computer dan jaringan
  2. Konsep jaringan
  3. Local Area Network
  4. Wide Area Network
  5. Administrasi Server
  6. Adobsi teknologi TI terbaru

adapun bidang kerja yang bisa dijadikan pos-pos bagi lulusan SMK TKJ antara lain:

  1. sebagai operator di perusahaan ISP (internet service provider)
  2. menjadi teknisi jaringan dan komputer
  3. sebagai administrator database
  4. menjadi trainer komputer dilembaga pendidikan
  5. menjadi pengelola warnet
  6. dll

Namun permasalahannya adalah perusahaan-perusahaan besar belum bisa memberikan peluang besar bagi lulusan TKJ untuk dapat bekerjasama. Hal ini perusahaan belum dapat mempercayai kemampuan lulusan TKJ, sehingga menjadi sangat wajar jika Lulusan TKJ banyak yang menganggur dan bekerja di perusahaan yang tidak sesuai dengan jurusannya.

butuh kerja keras bagi penyelenggara jurusan ini. jika hanya mengandalkan kurikulum 2013 yang sebenarnya tidak jauh beda dengan spectrum lama, maka akan semakin sulit mereka dipercaya oleh perusahaan.

hal-hal yang mungkin dapat membantu pihak sekolah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan perusahaan atas lulusannya di jurusan TKJ ini adalah:

  1. Menyelenggarakan workshop atau program bersertifikat nasional atau internasional. contoh cisco, mikrotik, microsoft, dll.
  2. membuat ekstrakurikuler pendukung
  3. membuat jejaring perusahaan dan memberi ruang bagi mereka untuk terlibat dalam proses penyelenggaran KBM. contoh: menjadi tamu kelas untuk berbagi pengalaman, dll
  4. meng-create dan membudayakan untuk sharing knowledge antar siswa di bidang teknologi. sebab ketertarikan terhadap teknologi, adalah kunci keberhasilan siswa dalam menyerap ilmu komputer.

dari sini, siswa akan terinternalisasi keilmuannya lebih baik (kemampuan de facto) dan sekaligus bukti de jure (sertifikat internasional) akan menjadi senjata ampuh bagi mereka untuk bersaing menempati posisi-posisi di perusahaan.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *