0

Membangun Dunia Jurnalisme di SMK

agungsuprapto.netSemangat jurnalisme di Indonesia ini, yang ditandai dengan makin banyak media-media elektronik, media massa dan media online, selayaknya menjadi cambuk kesadaran kita untuk menularkan dan mengenalkan dunia jurnalistik di domain pendidikan. Tidak hanya di tingkat universitas, namun di tingkat sekolah khususnya di sekolah menengah kejuruan (SMK).

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di desain untuk menjadi mesin produksi SDM yang siap kerja sesuai dengan jurusannya.  Dengan predikat ini, tentunya sekolah harus mengupayakan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita sekolah kejuruan tersebut.

Dunia jurnalisme di SMA sejak dulu sudah bergeliat dan makin kreatif. Ini akan membantu mereka untuk mempersiapkan anak didiknya dalam menyongsong dunia perkuliahan yang makin akrab dengan buku dan tinta. Namun geliat jurnalisme di SMA belum di ikuti oleh SMK. Yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebabnya dari perbedaan ini? Apakah karena berbeda culture (analist vs practice)? Atau memang ada faktor lain?

Menurut saya, SMK akan mendapatkan keuntungan yang besar jika memulai untuk membangun dunia jurnalisme. SMK mempunyai 3 mata panah dibanding SMA yang hanya mempersiapkan anak didiknya untuk kuliah. Lulusan SMK difokuskan pada 3 hal, yaitu: siap Kerja, siap kuliah, siap Wirausaha.

Melatih anak SMK dalam bidang jurnalistik dapat meningkatkan kemampuan anak didik untuk:

  1. Lebih banyak membaca informasi-informasi terkini tentang bidang yang diminati, sehingga akan bertambah pengetahuannya, khususnya yang berhubungan dengan jurusannya. Sekaligus menambah wawasan dalam pengetahuan umum
  2. Terlatih dalam kegiatan  tulis menulis, yang merupakan kegiatan pokok sebagai siswa
  3. Terlatih dalam menghadapi orang, berdialog dan mampu mengambil informasi dengan baik (Reportase)
  4. Mampu mendokumentasikan informasi dan mengemas informasi itu dapat lebih bernilai bagi banyak orang
  5. Semakin banyak belajar dalam berorganisasi. Ini akan sangat membantu siswa menyadari aspek sosial kemasyarakatan dan merupakan faktor penting kesuksesan di dunia kerja, kuliah maupun wirausaha.

Maka dari itu, SMK harus memulai untuk mengembangkan dunia jurnalisme di sekolah, yang di desain dalam kegiatan ekstrakurikuler. SMK Bisa..SMK Luar Biasa

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *