0

Memahami User Interface Desain

agungsuprapto-UIHallo para Calon Desainer..Pada kesempatan ini peneulis ingin berbagi tentang pengertian dasar UI (user Interface) dan jika di bahasa indonesiakan menjadi “Antarmuka” ini. Ketika kita ingin membuat aplikasi apapun dan membutuhkan interface sebagai media komunikasi dengan penggunanya, berarti kita akan bersinggungan dengan UI (User Interface).

User interface design adalah bagaimana membuat atau mendesain antarmuka baik itu website, komputer, aplikasi, desain Hand Phone, dan aplikasi software yang disesuaikan dengan pengalaman user (pengalaman atau kemampuan dari penggunanya) dan difokuskan juga pada bagaimana model interaksinya. Desain Antarmuka (User Interface) yang baik adalah membantu menyelesaikan pekerjaan tanpa harus bekerja keras. Grafik desain Antarmuka akan membantu pada pemenuhan aspek Usability. Jadi, untuk membuat sebuah sistem tidak hanya memperhatikan sisi operasionalnya saja, tetapi sebuah sistem harus dapat dipakai dan disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pengguna.

Dalam mendesain antarmuka, desainer membutuhkan pemahaman yang baik terhadap kebutuhan penggunanya. Terdapat beberapa tahap dan proses dalam mendesain antarmuka, baik itu antarmuka website,  aplikasi ataupun device. Berikut diantaranya adalah:

1. Melengkapi kebutuhan fungsional

2. User analisis: Menganalisa pengguna dengan melakukan diskusi. Beberapa pertanyaan yang penting antara lain:

  • Apa yang diinginkan user terhadap sistem?
  • Sistem yang seperti apa yang cocok dengan aktivitas normal pengguna sehari-hari?
  • Bagaimana teknik yang baik menurut pengguna dan aplikasi serupa apa yang pernah digunakan?
  • Antarmuka tampilan dan perasaan seperti apa yang menarik bagi pengguna?

3.  Arsitektur informasi : membangun proses dan alur informasi dari sistem.

4.  Arsitektur informasi : membangun proses dan alur informasi dari sistem.

5. Usability inspection: mempersilahkan evaluator untuk memeriksa antarmuka

6. Usability testing : melakukan pengujian antarmuka pada pengguna sesungguhnya

7. Usability testing : melakukan pengujian antarmuka pada pengguna sesungguhnya

Demikian sekilas tentang User Interface Design. Sedikit dari paparan di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk mendesain sebuah antarmuka aplikasi ataupun yang lainnya tidaklah hanya berdasarkan pada perspektif pembuat, tetapi terdapat elemen-elemen penting yang harus di lakukan secara sistematis, agar Antarmuka (user interface) yang dibangun nantinya dapat mempunyai tingkat kegunaan yang tinggi.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *