0

Memahami Multimedia Authoring

agungsuprapto.net - multimedia authoringBagi anak multimedia, mampu membuat produk multimedia adalah hal yang wajib dipunyai. Namun biasanya anak multimedia mempunyai kelemahan dalam koding atau pemrograman. Nah, sekarang sudah mulai banyak aplikasi yang dapat membantu dalam membuat aplikasi multimedia tanpa harus mengerti tentang pemrograman dan tanpa harus lebih dulu menjadi ahli multimedia. Caranya adalah dengan menggunakan Multimedia Authoring.

Multimedia authoring juga disebut sebagai authorware, adalah program yang akan membantu kita dalam menulis teks atau aplikasi multimedia hanya dengan drop dan drag tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman. berbagai macam tool -tool authoring biasanya disediakan oleh software aplikasi.  Di dalam perkembangan perangkat lunak, sistem authoring, memungkinkan orang bukan programmer untuk dapat dengan mudah membuat software dengan fitur pemrograman. Sistem authoring menyediakan banyak grafis, interaksi, dan tool-tool dalam pembuatan perangkat lunak. Jadi, siapapun kita, walaupun tidak mempunyai basic pengetahuan di bidang programming, kita bisa membuat software dengan mudah, atau membuat aplikasi multimedia dengan sangat mudah.

Jenis Multimedia Authoring

Jenis multimedia authoring terdiri dari: authoring berbasis icon, authoring berbasis waktu, dan authoring berbasis halaman. contoh software multimedia authoring berbasis icon adalah Microsoft powerpoint, Macromedia authorware. authoring berbasis icon menggunakan konsep diagram alir (flowchart) untuk membuat aliran dari elemen-elemen multimedia untuk saling dihubungkan.

Yang kedua, adalah multimedia authoring berbasis waktu. authoring ini bermain dengan frame yang di kelola secara rapi dan berskenario. software yang dipakai antara lain: adobe director, adobe flash, Ulead, Windows Movie maker, dll.

Yang ketiga adalah multimedia authoring berbasis halaman, adalah authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen yang ada. contoh software nya antara lain: Hypercard, ToolBox Assistant, dll

Yang ke empat adalah authoring DVD, adalah multimedia authoring untuk membuat konten yang ditempatkan di DVD.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *