0

Memahami Digital Storytelling

digital storytellingPengertian Storytelling sederhananya adalah bercerita, sedangkan Digital Storytelling adalah salah satu teknik untuk bercerita dengan bantuan teks, suara (audio), gambar (image), dan video. Dengan memanfaatkan Content Multimedia tersebut, kegiatan bercerita akan semakin menarik dan dapat lebih cepat menyampaikan inti cerita tersebut. Jadi bisa dikatakan Digital Storytelling adalah suatu seni mengubah cerita ke bentuk multimedia. Beberapa teori pembelajaran meyakini bahwa dalam teknik pedagogis, mendongeng dapat secarfa efektif untuk diterkan dalam semua objek.

Pemanfaatan Digital Storytelling sangat baik diterapkan di dunia pendidikan, sebagai strategi untuk memenuhi kebutuhan anak tentang :

  1. Kreatifitas
  2. Daya cipta
  3. Multiple intelligence
  4. Literasi informasi
  5. Literasi visual
  6. Literasi suara
  7. Literasi teknologi
  8. Berkomunikasi secara efektif
  9. Bekerjasama dengan tim,
  10. Pengelolaan proyek
  11. Memperkuat pemahaman

Untuk penggunaan Digital Storytelling dapat menggunakan aplikasi/software yang disesuaikan dengan kebutuhan anak.  Aplikasi Digital Storytelling ini dapat dikemas menjadi Video dengan durasi cukup,atau slideshow image, dll.  Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat Digital Storytelling antara lain: Microsoft Powerpoint,  Microsoft Photo Story, Microsoft Windows Movie Maker dan terdapat juga tool/aplikasi yang bersifat opensource.

Jadi diharapkan dengan teknik Digital Storytelling ini dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi belajar menjadi yang lebih efektif, atraktif, sekaligus menstimulasi anak untuk memenuhi 11 kebutuhan anak yang tertulis di atas. Demikian dulu artikel ini, semoga temen-temen yang berada di dunia pendidikan dapat menciptakan digital storytelling sendiri.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *