0

Jurus Dasar Menjadi Blogger

Salam kenal para netter..

blog_logoBeraktifitas di dunia maya adalah hal paling sering dilakukan oleh kita di dunia informasi sekarang ini di banding dengan kegiatan nyata. Kita menelepon, sms, facebook, twitter, membaca informasi atau berita di internet, mendengarkan radio dan menonton tv adalah kegiatan maya.:), belum lagi ditambah dengan teman-teman kita yang masih kuliah di kampus dan bekerja di perusahaan yang sudah mengimpelementasikan teknologi internet. Jadi, dunia nyata kita bisa kita simpulkan sebagai sampul kehidupan saja, selebihnya adalah dunia maya. Hehehe..

Pada prinsipnya teknologi internet muncul ini bukan hanya untuk orang yang melek atau mengerti teknologi komputer saja yang ber hak memanfaatkannya, namun teknologi internet adalah menjadi berkah semua orang. Pada artikel ini, akan fokus dibahas bagaimana kegiatan tulis menulis dapat menjadi mata pencaharian yang menjanjikan hanya dengan mempunyai blog. Berikut 3 jurus dasar menjadi blogger:

Jurus pertama

Untuk menjadi blogger (sebutan penulis di internet) adalah sangat sederhana, yaitu hanya dengan 3 gerakan dalam jurus pertama ini, yaitu: menulis informasi yang bermanfaat bagi orang lain, mengunggahnya di blog masing-masing, dan menulis lagi dan lagi.  Sebagai catatan: prinsip tulisannya adalah isinya bermanfaat bagi orang lain. Di sarankan topik yang di angkat adalah yang paling diminati penulis, sebab ini akan berpengaruh pada tingkat produktifitas penulisan, serta konsistensi penulisan harus di jaga.

Setelah tahap dasar di atas terpenuhi, anda sudah pantas disebut sebagai blogger, tetapi pangkatnya masih “pemula”. Anda butuh jurus kedua.

Ketika kebiasaan menulis sudah menjadi mata pencaharian, intuisi untuk menentukan topik dan merangkai kata-kata akan sangat mudah muncul. Ini akan sangat membantu produktifitas menulis kita. Jangan lupa imbangi dengan banyak membaca.

penulis yang baik adalah pembaca yang baik

Jurus kedua

Jika jurus kedua sudah lihai, anda bisa melangkah untuk memperbaiki desain blog anda. Ini penting, karena blogging adalah salah satu cara kita untuk mem-branding tulisan kita. Jadi tampilan blog membantu membuat nyaman para pembaca.

Anda bisa memilih WordPress ataupun blogger sesuai yang anda inginkan dan juga pilihlah template atau theme yang menarik yang sesuai dengan fokus tema blog anda. Template bisa di download secara gratis maupun berbayar.

Rancanglah tata letak, atau layout dari template tersebut dengan masuk ke control panel blog anda. Tata letak/ layout yang baik akan memudahkan pembaca untuk mencari informasi yang di butuhkan di blog kita. Terdapat cukup banyak tutorial untuk penataan tata letak atau modifikasi template ini, anda bisa mendownloadnya dengan bantuan google.

akhirnya anda tahu tentang dasar menjadi blogger. kami tunggu anda di dunia ini..oke 🙂

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *