0

Elins – Sistem Kendali

sistem kendali

Terdapat banyak variasi sistem kendali, termasuk juga dalam tubuh manusia. Suhu badan, keseimbangan kimiawi, persepsi indera, dan gerakan, semua berada di bawah kendali biologis otomatis. Hal serupa pun terjadi ada dunia industri. Industri cenderung menggunakan sistem otomasi.

Sistem kendali bertujuan untuk meningkatkan mutu produk, biaya rendah, dan lainnya. Terdapat dua macam sistem kendali:

Sistem kendali kalang terbuka (open loop control system)

Pengendalian secara umum dilakukan terhadap proses dengan memanipulasi masukannya sehingga diperoleh keluaran yang sesuai keluaran yang sesuai dengan kehendak. Pengendalian dilakukan dengan menggunakan hasil pengukuran sebagai peubah masukan untuk menentukan peubah masukan yang lain. Kelemahan dari sistem kendali kalang terbuka adalah tidak adanya mekanisme untuk mengawasi hasilnya. Sedangkan kelebihan dari sistem kendali kalang terbuka ini adalah resiko kesalahan menjadi semakin keci, proses menjadi lebih cepat.

kendaliContoh penerakan sistem kendali kakang terbuka ada pada sistem operasi mesin cuci. Pada mesin cuci, penggilingan pakaian, pemberian sabun, dan pengeringan yang bekerja sebagai operasi mesin cuci tidak akan berubah (jika hanya sesuai dengan yang diinginkan seperti semula) walaupun tingkat kebersihannya kurang baik akibat dari adanya faktor-faktor yang kemungkinan tidak diprediksi sebelumnya.

sistem kendali

sistem kendali elins

sistem kendali

 

Elemen sistem kendali kalang tertutup

  1. Bagian alat ukur: mengukur magnitude besaran atau peubah keluaran hasil proses.
  • Sensor: Elemen yang pertama kali menerima tenaga dari medium yang diukur dan menghasilkan peubah keluaran yang bergantung pada atau memiliki hubungan tertentu dengan besaran yang diukur
  • Pengkondisi isyarat : Elemen yang mengubah-ubah nilai peubah untuk maksud tertentu, antara lain melipatkan (penguatan), penapisan, penyearahan, pengintegralan, dan sebagainya

2. Bagian alat atur

  • Pengendali: Elemen yang mendeteksi perbedaan antara keluaran yang dikehendaki dan keluaran aktual. Hasil deteksi ini menentukan kerja actuator
    Aktuator: Elemen yang mengatur aplikasi energi ke proses. Pengubahan energi ke sistem/proses menyebabkan keluaran aktual berubah.
  • Kelemahan dari sistem kendali kalang tertutup Proses pengaturan baru bekerja setelah ada kesalahan., proses lambat. Sedangkan keuntungan penggunaan sistem kendali kalang tertutup adalah adanya mekanisme untuk mengawasi hasil, sehingga dapat menanggulangi beban, dan juga tidak harus mengetahui formulasi proses secara rinci dan tepat.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *