0

Kilas Kemampuan Teknologi GPS

gpsGlobal Positioning System (GPS) adalah teknologi satu-satunya sekarang ini yang dapat memberikan informasi posisi lokasi, waktu, serta arah.Teknologi ini benar-benar merubah gaya orang untuk dapat mengetahui lokasi, sekaligus menciptakan budaya baru, yaitu share locatioon. Sebab dengan GPS, kita dapat mengetahui posisi tempat ataupun orang lain di belahan bumi manapun, dan juga dapat mengidentifikasi keberadaan posisi terkini kita.

Sekilas Sejarah

Teknologi GPS pertama dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika serikat, yaitu NAVSTAR GPS. Teknologi ini pertama kali hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan saja, lalu di sahkan oleh presiden Ronald Reagen untuk keperluan sipil. Teknologi GPS memanfaatkan 24 satelit yang mengorbit ke bumi dengan kecepatan 7000 mil per jam dan ditempatkan 12.000 mil di orbit ruang angkasa.

Kemampuan GPS

Beberapa kemampuan teknologi GPS yang sangat membantuk kehidupan manusia modern sekarang ini, antara lain: Mengetahui posisi dari Kawan maupun lawan sehingga akan meminimalisir kesalahan tembak, memandu Arah (kendali) Rudal untuk sampai pada lokasi sasaran dengan tepat, karena GPS memiliki kemampuan akurasi yang sangat tinggi. bahkan dapat merubah arah sasaran di tengah perjalanan rudal, mengetahui Posisi kita, mengetahui lokasi terdekat. contoh jika kita mengetikkan lokasi SPBU, restoran, dll, maka GPS dapat memberikan informasi lokasi terdekat dari kita. Melihat rute untuk menuju sebuah lokasi, dan dapat memberi rekomendasi kepada kita rute mana yang paling cepat untuk mencapainya. Memberikan perkiraan waktu yang akan ditempuh untuk sampai pada lokasi yang akan dituju.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *