0

Dasar Pengetahuan Decision Support System

dssSistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support Systems (DSS)  adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer  dan termasuk sistem berbasis pengetahuan yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Menurut Moore and Chang, SPK dapat digambarkan sebagai sistem yang berkemampuan mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan, berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada saat-saat yang tidak biasa.

Decision Support System adalah bagian dari sistem informasi yang berbasis komputer dan pengetahuan, dimana teknologi komputer yang mempunyai karakteristik pada kecepatan kalkulasi dan iterasi di gabungkan dengan fleksibilitas dan kedalaman analisa pengetahuan manusia. Jika Komputer saja yang dijadikan alat pengambilan keputusan, maka hasil dari komputer sangat mekanis dan tidak dalam, walaupun cepat. Karakter manusia dalam pengambilan keputusan terkesan lamban, namun mempunyai kedalaman analisis yang memanfaat aspek komplek. Jadi, Decision Support System adalah gabungan teknologi informasi dengan basis pengetahuan manusia.

Pemanfaatan Decision Support System

Decision Support System banyak untuk membantu manager sebuah perusahaan atau organisasi dalam mengambil keputusan-keputusan dengan cepat dan tepat tanpa harus berfikir panjang, sehingga efektifitas sistem di perusahaan akan semakin meningkat dan masalah-masalah yang ada akan semakin mudah di selesaikan dengan cepat.

Decision Support System sebagai topik penelitian

Sistem ini sudah mulai banyak di pakai dan menjadi penelitian oleh mahasiswa-mahasiswa S1 maupun S2. Jadi, temen-temen mahasiswa yang belum mendapatkan topik penelitian, DSS ini layak untuk dipertimbangkan sebagai domain penelitan. Para perusahaan berkembangpun dapat memulai untuk mempelajari dan menerapkan sistem ini sebagai upaya memajukan perusahaan.

 

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *