0

Cloud Computing; era baru virtualisasi teknologi komputer

Cloud-ComputingTeknologi jaringan komputer semakin bergeliat menunjukkan kompetensinya untuk membantu kerja-kerja manusia dalam berinteraksi secara digital. cloud computing atau biasa disebut komputasi awan ini berkembang sebagai teknologi kunci untuk berbagi sumber daya.

Era baru virtualisasi teknologi komputer memberikan kemudahan kita untuk saling berbagi resourches baik hardware maupun software.

oke..sebelum kita membahas lebih jauh, kita akan definisikan satu persatu tentang teknologi yang relatif baru dan populer ini.

perjalanan cloucloud computingd computing berawal dari teknologi Grid Computing, utility computing, dan Software as a service.

cloud computing bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang melibatkan host memberikan layanan melalui internet. Layanan-layanan tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  1. Iaas (Infrastructure-as-a- Services): adalah sebuah layanan yang menyediakan infrastruktur melalui internet dan proses pembayarannya berdasarkan pemakaian. layanan ini sangat membantu bagi perusahaan untuk menggunakan infrastruktur yang mahal dan sulit untuk diadakan atau dibeli. perusahaan tinggal menyewa infrastruktur tersebut. contoh infrastruktur yang dapat disewa adalah storage, RAM, processor. proses penggunaannya secara virtual tanpa sistem operasi, atau sistem operasi tersebut bisa dipilih sesuai dengan keinginan. jadi intinya, Iaas ini bisa kita gunakan ketika menginginkan infrastruktur walaupun kita tidak punya dengan cara menyewa secara virtual.
  2. Saas (software-as-a-service) adalah sebuah layanan yang menyediakan software dan digunakan via internet. layanan Saas ini yang sudah familiar dengan kita adalah Google docs, google drive, facebook, dll. Dengan Saas, pengguna hanya perlu memanfaatkan sesuai yang diinginkan saja, tanpa harus memikirkan perawatan, bagaimana data disimpan, dll. layanan ini jelas akan membantu perusahaan dalam menekan biaya, karena tidak harus membeli software-software yang harganya selangit. perusahaan tinggal memilih software apa saja yang di inginkan dan dibutuhkan, dan biaya penggunaan sesuai dengan pemakaiannya.
  3. Paas (Platform as-a-service) adalah sebuah layanan yang dikhususkan untuk para developer atau pembuat aplikasi, sehingga mereka tidak harus memikirkan hardware yang akan digunakan. mereka cukup fokus dalam pembuatan software tersebut. artinya developer dapat mengetes aplikasi, mengupload aplikasi, ataupun mengatur konfigurasi aplikasi.

Dari ketiga kategori layanan ini pihak personal ataupun perusahaan dapat memilih layanan cloud computing sesuai dengan kebutuhannya.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *