0

Bussiness Intelligence, apa itu?

apa itu bussiness intelligenceBussiness Intelligence, apa itu? – Bussiness Intelligence itu mengacu pada banyak hal, seperti: teknologi, aplikasi, kumpulan cara-cara, integrasi, analisis, dan presentasi informasi bisnis. walaupun mengacu pada banyak hal, tujuan Bussiness Intelligence ini hanya satu, yaitu mendukung pengambilan keputusan lebih baik. Sama dengan DSS bukan? memang iya, karena BI (Bussiness Intelligence) ini adalah data-driven dari DSS. Bussiness Intelligence secara umum dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk melakukan ekstraksi dari data-data operasional ataupun data lainnya yang sangat banyak yang dikumpulkan dalam gudang data (data Warehouse) setelah itu dilakukan proses analisis, yang kita sebut dengan data mining (penambangan data). vendor-vendor besar sudah memulai untuk menggarap dengan serius bussiness Intelligence ini, seperti Microsoft, Oracle, bahkan IBM.

Seperti apa perusahaan menggunakan Bussiness Intelligence

Sebagai contoh penggunaan bussiness intelligence di restoran. Semisal restoran ini mempunyai menu makanan dan minuman yang sangat banyak, melayani berbagai macam pelanggan. Restoran ini juga mempunyai hubungan dengan perusahaan pemasok bahan makanan. Karena restoran ini semakin besar, maka mereka membuka toko makanan atau restoran cabang untuk dapat melayani pelanggan di wilayah lain. Di sisi Manajemen, pemilik restoran harus mengurusi ratusan pegawainya, baik dari kesejahteraan maupun performa kinerja. Selain itu juga harus mengurusi persaingan usaha dengan restoran lainnya.

Jika masalah komplek seperti ini terjadi keterlambatan pengambilan keputusan hanya karena masih mengandalkan keputusan rapat yang cenderung lama mengambil keputusan, dll. Maka akan berefek pada produktifitas ataupun kualitas dari layanan Restoran tersebut. Maka perusahaan tersebut akan mengalami kerugian.

Pada contoh konteks di atas, seorang pemilik atau pengelola restoran saatnya membutuhkan sebuah sistem bussiness intelligence yang dapat membantu memberikan keputusan-keputusan terbaik dan cepat. Misalnya Bussiness Intelligence akan membuat keputusan untuk memberikan penambahan menu baru, mengkalkulasi dan memberi keputusan kualitas atau kuantitas pegawai. Membuat keputusan atas hubungan dengan perusahaan pemasok jika terjadi ketidaksesuaian dengan MoU yang telah dibuat sebelumnya, dll.

Sistem Bussiness Intelligence

Bussiness Intelligence adalah seperti payung induk dari berbagai software aplikasi yang digunakan untuk menganalisis data. Beberapa software Bussiness Intelligence yang dapat digunakan, antara lain:

  1. Yellowfin Bussiness IntelligenceYellowfin-BI
  2. Clear AnalyticClear-Analytics
  3. Sap Bussiness IntelligenceSAP-Business-Intelligence
  4. Oracle Hyperion SystemOracle-Hyperion-System
  5. Oracle Bussiness Intelligence Enterprise Edition, dllOracle-Business-Intelligence-Enterprise-Edition-

Untuk memilih Software Bussiness Intelligence, yang perlu dipertimbangkan adalah: fitur apa saja yang ditawarkan oleh software tersebut, apa kelebihan dan kekurangannya, dan tentunya adalah berapa harganya.  Semakin baik (feature) software Bussiness Intelligence, maka akan semakin baik pula proses pengambilan keputusannya.

Demikian, sekilat artikel tentang Bussiness Intelligence, dilain waktu akan kita bahas lebih detail disiplin ilmu ini. salam.

 

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *