0

Apa itu Internet Of Things

iotInternet of Things (IoT) merupakan konsep yang relatif masih baru untuk kita. IoT ini bisa diartikan bahwa benda-benda yang ada disekitar kita ini dapat terkoneksi dan terintegrasi dengan kita. Benda-benda itu bisa berupa benda fisik maupun benda virtual. Jadi gampangnya pengertian dari Internet of Things ini adalah bagaimana benda-benda yang ada disekitar kita itu dapat terkoneksi, baik terkoneksi dengan smartphone kita, sumber daya yang ada, kesehatan, dll (cisco).

Gejala munculnya konsep Internet of Things ini adalah efek dari semakin besarnya pemanfaatan internet di setiap kehidupan kita, baik kehidupan rumah tangga, bisnis, kesehatan dan lain-lain. Hampir diseluruh lini kehidupan kita menggunakan internet.

tawaran dari konsep Internet of Things ini adalah memberikan kita otomatisasi koneksi dengan lingkungan kita tanpa kita menginstruksikan secara manual.

Berikut beberapa contoh ilustrasi  konsep Internet of Things:  Di rumah kita terpada Kulkas yang berisi bahan makanan maupun minuman yang bisa di dapatkan dari supermarket. Secara manual, jika isi dari kulkas itu habis maka kita harus pergi ke supermarket untuk membeli makanan atau minuman tersebut. Dengan Internet of Things, kita tidak perlu lagi pergi berbelanja ke supermarket lagi, sebab Kulkas yang kita punyai tersebut diberikan sensor untuk mendeteksi isi di dalamnya, lalu jika sensor mendeteksi bahwa terdapat beberapa makanan sudah habis, maka sensor tersebut akan memberi sinyal kepada supermarket untuk memberitahu barang apa yang harus dipasokkan. Setelah itu supermarket akan mengirimkan bahan-bahan tersebut ke rumah kita. Lalu membayarnya Supermarket akan memberi data kepada Bank yang kita punya, tentunya dengan sistem sekuritas yang ada, untuk memotong saldo sesuai dengan jumlah barang yang telah dibeli 🙂

Pemanfaatan Internet of Things ini diproyeksikan akan memberikan keuntungan besar bagi kita untuk lebih mendongkrak pemanfaata koneksi Internet. Namun yang menjadi tantangannya adalah kesiapan bandwidth, sebab konsep ini membutuhkan ketersediaan bandwidth yang sangat besar.

Demikian pembahasan sederhana tentang Internet of Things. Semoga bermanfaat 😉

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *