0

AKUISISI; Cara aman memulai usaha bagi pemula

akuisisiApa kabar para calon pengusaha? Masih semangatkah dengan niatmu ini? Kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana memulai sebuah usaha bagi para pemula.

Saya yakin kawan-kawan sudah banyak mendapatkan referensi tentang bagaimana memulai sebuah usaha, baik itu dari internet maupun dari teman-teman. Itu adalah modal bagus untuk memancing insting usaha kita dan sekaligus memupuk mental pengusaha. Dua hal ini (mental dan pengetahuan) menjadi hal mutlak untuk kita penuhi.

Nah, bagi yang masih takut-takut untuk memulai menjadi pengusaha, ada satu cara yang bisa teman-teman praktekkan, dan cara ini sebenarnya masih dilakukan oleh para pengusaha besar sekaliber sandiaga uno ataupun Hary Tanoesudibyo. Lalu cara apakah itu? ..cara itu adalah “akuisisi”

Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi ini berasal dari kata dalam bahasa inggris, yaitu acquisition yang berarti pengambil alihan. Untuk lebih detailnya bisa anda kunjungi di Wikipedia.

Pengambil alihan perusahaan ini sebetulnya tidak hanya perusahaan atau sekelompok investor saja. Tetapi anda yang sendiri bisa melakukan ini. Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan untuk melakukan akuisisi perusahaan dibanding dengan memulai usaha yang sama mulai dari nol, yaitu, dengan akuisisi anda akan:

  1. Lebih cepat memulai usaha, sebab anda hanya meneruskan usaha tersebut tanpa harus dari nol merancang sebuah system bisnis.
  2. Lebih ringan dalam berfikir tentang pembelian alat-alat usaha, dan kita hanya melakukan tindakan pembenahan-pembenahan saja
  3. Kita lebih terkonsentrasi untuk melakukan inovasi-inovasi baru, tanpa berfikir ini dan itu baik dari sisi internal maupun eksternal perusahaan
  4. Kita akan lebih cepat belajar lebih dalam dengan usaha tersebut, sebab selain mengamati, kita bisa sekaligus mengeksekusi. Bukankah belajar yang baik adalah sekalian praktek? he
  5. Mental kita yang sebelumnya ciut, akan dapat langsung terdongkrak. Apalagi proses inovasi berjalan dengan lancer. Setelah itu kita akan berfikir untuk usaha-usaha baru

Dari keuntungan di atas, kita bisa membayangkan lebih mudah yang mana antara membuat usaha dari nol dengan melakukan akuisisi. Nah, sekarang apa yang musti kita lakukan? Ada beberapa cara yang bisa anda praktekkan di bawah ini:

  1. Cari informasi tentang usaha-usaha di sekitar anda yang sedang mengalami kebangkrutan dan mau gulung tikar.
  2. Pelajari informasi yang sudah di dapatkan dengan mendalami sebab musabab terjadi kebangkrutan, dll
  3. Jika sudah, anda takar sendiri apakah anda bisa menghindari hal yang pernah terjadi di perusahaan tersebut. Jika anda sanggup, lakukan langkah ke empat
  4. Berfikir apa yang bisa anda lakukan untuk dapat memajukan usaha tersebut. Jika sudah cukup dan yakin bahwa usaha tersebut dapat berkembang dengan baik jika dipegang oleh anda, maka anda bisa langsung mengeksekusi usaha tersebut.

Oke, cukup sampai di sini dulu ya. Semoga menginspirasi.

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *