0

10 Dasar membuat Desain Antarmuka (User Interface)

ui agungsupraptoHal yang perlu dipahami bahwa sebuah antarmuka (user interface) bukanlah hanya ingin menunjukkan tampilan yang menarik. Terdapat banyak sekali antarmuka yang sangat menarik pengguna, namun tidak sedikit antarmuka tersebut malah membuat pengguna bingung dalam menggunakannya atau menyelesaikan tugasnya. Jadi selain menarik, Antarmuka harus membantu para pengguna untuk mencapai tujuannya atau menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Pada kesempatan ini, penulis akan menjelaskan 10 hal dasar yang harus dipenuhi ketika akan membuat user interface:

1.    Ketahui siapa pengguna anda: Tujuan dari calon pengguna anda adalah tujuan anda, jadi pelajari baik-baik apa yang menjadi tujuan dari pengguna anda.  Kemudian setelah itu, pelajari kemampuan dan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan antarmuka atau komputer. Dengan langkah pertama ini, anda akan mendesain antarmuka yang akan membantu mereka dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik.

2.    Perhatikan Pola interaksi pengguna terhadap User Interface: Setiap pengguna mempunyai pola dalam berinteraksi dengan antarmuka, baik itu website atau software lainnya. Pelajari bagaimana polanya, dan dapatkan masalah-masalah apa yang biasanya muncul. Ini akan menjadi data anda untuk membuat antarmuka yang baik.

3.    Konsisten: Perhatikan benar-benar pada konsistensi antarmuka anda. Jika antarmuka anda tidak konsisten, maka ini akan memberikan masalah kepada pengguna, sebab mereka akan belajar terus bagaimana menggunakannya (ini tidak disukai pengguna). Pengguna menginginkan efisiensi.

4.    Gunakan hierarki secara visual: Buat hierarki dari antarmuka secara jelas, dengan memperhatikan apa yang paling penting. Hal ini akan mengurangi kompleksitas dari antarmuka nantinya

5. Sediakan feedback: Sebagai cara untuk berinteraksi antara antarmuka anda dengan pengguna anda maka sediakanlah fasilitas feedback. Fasilitas ini akan memberikan petunjuk secara jelas ketika pengguna mengalami kesalahan dalam penggunaan, kebingungan, atau ingin mengerti langkah yang benar. Hal ini akan memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna anda.

6. Beri Pemakluman kepada pengguna: Sebaik atau sebagus apapun desain antarmuka anda, kesalahan pengguna pasti akan terjadi. Maka dari itu antarmuka anda harus memberi pemakluman /toleransi kepada kesalahan tersebut. Antarmuka anda juga harus memberi informasi kesalahan yang terjadi dan sekaligus memberi petunjuk apa yang sebaiknya dilakukan.

7.  Berdayakan pengguna anda: Kemampuan pengguna anda bervariasi dan tidak bisa kita generalisasikan. Akan menjadi sangat baik jika anda memberikan cara lain kepada mereka yang mempunyai kemampuan lebih (expert) atau pengalaman yang lebih.  Maka dari itu, berikan semacam shortcut keyboard dan lainnya untuk mereka.

8.  Berikan label dengan bahasa pengguna: Label atau keterangan di setiap icon, atau folder dengan bahasa yang difahami oleh pengguna anda adalah hal yang sangat penting. Hal ini menjadi media bagi pengguna anda untuk berinteraksi dengan antarmuka anda, tanpa harus bertanya dengan orang lain. Hal ini akan memberikan hubungan pengguna dengan antarmuka anda menjadi lebih baik.

9.  Sederhana: Kesederhanaan antarmuka adalah hal yang sangat prioritas. Ini menjadi pertimbangan bagi desainer ketika membuat ataupun menambah fasilitas di antarmuka anda. Jadi, perhatikan dan jawab pertanyaan apakahfasilitas yang akan tambahkan itu benar-benar dibutuhkan? Anda menambahkan itu apakah karena anda yang menginginkannya atau pengguna anda? Kuncinya adalah perhatikan benar-benar pengguna anda (user centered)

10.  Terus maju untuk membuat UI terbaik: Jangan menyerah. Ini sudah biasa jika ketika kita mendesain antarmuka pasti ada kesalahan, pasti ada kritik. Maka ketekunan dalam memperbaiki secara terus menerus adalah kunci terbaik ketika membuat antarmuka.

Demikianlah penulis coba menyampaikan secara sederhana tentang hal dasar ketika kita akan membuat antarmuka (user interface)..semoga membantu…

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *