0

10 cara tingkatkan performance jaringan wireless

tingkatkan jaringan wireless

10 Cara Tingkatkan Performance Jaringan Wireless – Jaringan wireless memang menawarkan banyak keunggulan dibanding jaringan kabel, namun dibalik itu, jaringan wireless menuntut seorang administrator atau perancang jaringan untuk bekerja lebih teliti, baik dari perencanaan maupun implementasi.
jaringan wireless tidak jarang mengalami penurunan kemampuan, sehingga kinerjanya menjadi tidak optimal. berikut beberapa cara yang mungkin dapat membantu untuk meningkatkan performance dari jaringan anda.

1. Pilih lokasi terbaik untuk root AP/wireless Router

Pilihlah lokasi terbaik untuk root AP atau device central jaringan anda. jika area anda adalah area luas, maka pastikan lokasi AP berada di tengah-tengah agar penyeberan cell lebih optimal. jika lokasi anda adalah lokasi bertingkat, maka posisikan AP anda di ketinggian yang melebihi dari lokasi bertingkat anda.

2. Jangan letakkan wireless router di lantai

Lantai, dinding, dan benda-benda yang terbuat dari bahan metal dapat menyebabkan interferensi dan pelemahan sinyal wireless. pertimbangkan cell area dan letakkan di posisi terbaik.

3. Ganti antenna bawaan router

Jika memungkinkan biayanya, anda dapat mengganti antenna omnidirectional bawaan dari wireless router/AP anda dan diganti dengan antenna omnidirectional dengan gain antenna yang lebih tinggi. Jika anda ingin mengarahkan sinyak ke arah tertentu, maka dapat diganti dengan antenna directional.

4. Kurangi sumber interferensi wireless

Wireless rentan terhadap interferensi, sebab banyak device yang sama-sama menggunakan frekwensi 2, 4 GHz dimana wireless kebanyakan menggunakan frekwensi tersebut (802.11g).
Jika memungkinkan, cara untuk mengurangi interferensi tersebut, disarankan untuk membeli device-device yang mempunyai frekwensi yang berbeda.

5. Ganti wireless card network adapter client

Biasanya kita memilih device jaringan wireless seperti AP, wireless router yang mempunyai performance yang baik, namun terkadang lupa bahwa device di sisi client tidak mampu mengoptimalkannya. Jadi untuk membuat performance dari sebuah jaringan wireless perlu juga memperhatikan network card milik client.

6. Tambahkan wireless repeater

Wireless repeater berfungsi untuk merebroadcast sinyal wireless, menguatkan sinyal dari router. tambahkan wireless repeater sesuai kebutuhan perluasan area yang diinginkan. Tempatkan wireless repeater dilokasi yang tepat dengan mempertimbangkan diameter cellnya.

7. Ganti Wireless Channel

Channel ibarat jalan, di jaringan wireless terdiri dari 14 channel tergantung dari aturan tiap negara. mengganti channel dapat pula mengurangi interferensi sehingga performance dari jaringan menjadi lebih baik. Channel yang terlalu sibuk akan mengurangi kualitas jaringan.

8. Update firmware dan driver network adapter

Secara rutin untuk melakukan update driver NIC. Hal ini akan meningkatkan performance dari jaringan wireless anda. update ini biasanya bersifat free langsung dari vendor hardware yang digunakan.

9. Gunakan merk device yang sama

Dengan adanya OSI Layer yang menjadikan setiap vendor berbeda dapat saling berkomunikasi, namun jika kita menggunakan vendor yang sama, besar kemungkinan performance jaringan wireless anda akan lebih baik.

10. upgrade 802.11a, 802.11b, 802.11g ke 802.11n

Standar protocol 802.11n mempunyai kecepatan 2 kali lipat lebih baik dibanding a/b/g. Selain kecepatan, 802.11n juga lebih stabil dibanding a/b/g. Jika anda mengganti 802.11n maka jangan khawatir terhadap kompatibilitas dengan perangkat yang masih menggunakan standar protocol 802.11a/b/g.

semoga bermanfaat…

Agung Suprapto

lecturer, blogger, trainer, network engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *